Sabtu, 26 November 2016

Sejarah fotograpi

Sejarah dan Perkembangan Fotografi

Gagasan mengenai Fotografi
Bahkan jauh sebelum teknologi kamera dan gambar-gambar foto dihasilkan, konsep tentang kamera sudah sering dikemukakan oleh tokoh-tokoh dimasa lampau. Pinhole camera atau juga disebut sebagai kamera Obscura telah dideskripsikan oleh seorang filsuf Cina diabad 4 SM, Mo Ti, dan juga pakar matematika dari yunani dari abad ke 5 SM, Aristotle dan Euclid. Baru pada abad ke-6 lah kamera Obscura digunakan dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh pakar matematika Bizantium.
Awal mula fotografi
Hasil fotografi permanen pertama diciptakan pada tahun 1822 oleh seorang penemu asal Perancis, Nicéphore Niépce, dengan teknik Heliografi. Teknik heliographi menggunakan bitumen sebagai pelapis diatas kaca atau besi yang mengeras bila terkena cahaya, lalu kaca/besi tersebut dicuci dengan minyak atau lavender dan bekas cairan yang mengeras akan menghasilkan gambar. Objek yang sering diambil olehnya adalah gambar-gambar pemandangan.
salah satu foto heliografi ciptaan Niépce pada tahun 1826
Pada tahun 1839, proses pencetakan foto lewat negatif ditemukan oleh William Henry fox Tablot seorang penemu asal Britania Raya. Pada tahun yang sama negatif kaca pun ditemukan  oleh John Herschel dengan menggunakan teknik sodium thiosulfate atau disebut juga sebagai fixer.  pada tahun 1851, William Henry fox Tablot menemukan teknik untuk mencetak banyak foto lewat mesin pencetak dengan memecah gambar menjadi titik-titik kecil.
Pada tahun 1854, kamera dengan 8 lensa ditemukan oleh André-Adolphe-Eugène Disdéri, seorang fotografer dari Perancis. Kamera ini bisa menghasilkan 8 gambar dalam sebuah foto, setelah gambar tersebut dicetak diatas kertas albumen, gambar-gambar tersebut harus dipotong-potong dan menjadi seukuran kartu, hal tersebutlah yang menginspirasikan kata visiting card.
salah satu foto dengan kamera 8 lensa
Fotografi Berwarna
foto berwarna pertama oleh Maxwell, 1861
Foto berwarna pertama dibuat pada tahun 1861 oleh James Clark Maxwell. ada pula metode lain untuk menghasilkan foto berwarna, yaitu subtractive color photography (pencampuran warna-warna spektrum dasar – Kuning, Magenta dan Cyan – untuk menghasilkan warna yang sesuai) yang dipatenkan oleh Louis Arthur Ducos du Hauron pada 1868
foto berwarna yang dibuat oleh Louis Arthur Ducos du Hauron paad tahun 1877
Seterusnya sampai sekarang
film untuk foto pun ditemukan, awalnya terbuat dari emulsi gelatin yang ditemukan oleh Richard Maddox pada tahun 1871, sensometri – sebutan untuk kepekaan emulsi fotografis – dievaluasi secara sistematis oleh F. Hurter & V. C. Driffield pada tahun 1876. pada tahun 1887 film seluloid yang pertama diperkenalkan.
sebuah foto high-speed pertama dibuat pada tahun 1878 oleh Eadweard Muybridge. foto tersebut adalah seekor kuda yang berlari, dibuat dengan system trip-wyre
foto high-speed yang dibuat oleh Eadweard Muybridge
kamera pertama yang mudah digunakan dan dibawa kemana-mana dipasarkan oleh Kodak pada tahun 1888. Produk yang ditawarkan KODAK adalah sebuah kamera kecil berukuran box yang menyimpan roll film. produk ini adalah hasil penelitian George Eastman yang telah meneliti sejak 1877. bahan kimia yang digunakan pada roll film tersebut adalah perak bominda. kamera ini banyak diminati karena sangat mudah digunakan dan praktis. KODAK pun terus mengembangkan produk-produk kamera mudah dipakainya seiring berkembangnya teknologi dan zaman.
pada masa kini seiring masuknya era digital, teknologi fotografi pun sudah sangat berkembang. sekarang sudah banyak orang yang bisa dengan mudah menghasilkan foto dengan kamera digital atau kamera handphone. kamera analog pun masih digunakan namun tidak sesering kamera digital. orang-orang beralih pada kamera digital karena lebih praktis dan mudah, selain itu proses pencetakkannya lebih cepat dan kualitas gambar yang dihasilkan sangat optimal.
contoh foto hasil kamera digital
sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/William_Henry_Fox_Talbot
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_photography
http://en.wikipedia.org/wiki/Timeline_of_photography_technology
http://id.wikipedia.org/wiki/Fotografi
http://en.wikipedia.org/wiki/Collodion_process
http://en.wikipedia.org/wiki/Heliography
http://en.wikipedia.org/wiki/Nic%C3%A9phore_Ni%C3%A9pce
http://matakata.multiply.com/journal/item/3/Sejarah_Perkembangan_Fotografi
Gambar-gambar diambil dari:

http://notesonphotographs.org/index.php?title=Andr%C3%A9-Adolphe-Eug%C3%A8ne_Disd%C3%A9ri



http://cameras.about.com/od/gamesquizesandcontests/ig/Digital-Photography-Contest–1/Schoolhouse.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar